Minggu, 19 Februari 2012

Peluang Kerja Teknik Lingkungan

Bagi anda yang belum mengetahui apa sih jurusan Teknik Lingkungan itu ? Bagaimana nanti peluang kerjanya ? di sini saya akan membahasnya, kebetulan juga saya  adalah mahasiswa Teknik Lingkungan di UII hehehe :D

Teknik Lingkungan adalah sebuah program studi yang berusaha untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan pendekatan teknologi. Teknik Lingkungan dijabarkan sebagai pemikiran keteknikan dan keterampilan dalam memecahkan masalah pengendalian lingkungan yang menyangkut penyediaan air minum; sistem pembuangan dan pendaurulangan buangan cair, padat, dan gas; sistem drainase perkotaan dan desa serta sanitasi lingkungan; pengendalian pencemar dan pengelolaan kualitas air, tanah, dan udara; serta pengendalian dan pengelolaan dampak lingkungan.

Peluang Kerja Teknik Lingkungan banyak sekali di antara nya adalah bisa menjadi Konsultan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ( AMDAL ), Penyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis ( KLHS ), Bagian HES di Perusahaan Minyak, Pertambangan (Chevron, Total, Conoco philip, Exxon dll), Perusahaan Pengolahan Limbah, Pabrik Kelapa Sawit, PNS di Kementrian Lingkungan Hidup, PNS di Bapedalda, PNS di BLH ,PDAM, Dosen, Peneliti, dsb.

Apalagi dengan banyaknya isu-isu tentang lingkungan, memungkinkan untuk kedepanya jurusan Teknik Lingkungan banyak di butuhkan di masyarakat. Teknik Lingkungan ibarat mutiara yang masih tersembunyi, para alumni dari Teknik Lingkungan dengan mudah menangkap peluang yang orang lain belum tahu.

Jurusan Teknik Lingkungan yang terbaik di Indonesia salah satunya adalah di Universitas Islam Indonesia. Teknik Lingkungan di UII dengan masa tunggu (mendapatkan peluang kerja) paling singkat, berdasarkan survei 9 Tahun terakhir yaitu berkisar 4 bulan dengan kerjasama dengan berbagai universitas luar negeri, seperti Hokkaido Jepang, Karlsure Jerman dan masih banyak lagi; pada tahun 2011 ini Prodi Teknik Lingkungan UII berhasil memperoleh Akreditasi A dari BAN-PT. Prodi ini dilengkapi dengan Laboratorium pengujian yang juga telah diakui secara internasional melalui ISO 17025 manajemen laboratorium.. Adapun yang lain di ITB dengan akreditasi A, kemudian Trisakti yang telah mendapatkan akreditasi A dan Lab ISO 17025 yang di akui secara Internasional.

Bagaimana tertarik bukan untuk masuk jurusan Teknik Lingkungan....Bila teman-teman mempunyai adik, kakak,sodara, ponakan yang bingung ingin melanjutkan kuliah dimana, tidak ada salahnya untuk mencoba masuk di Teknik Lingkungan UII. (promosi dikit) heee :D



sumber http://id.m.wikipedia.org

Diposting oleh Ghozi Faiz on Minggu, 19 Februari 2012

3 komentar:

  1. mas mau tanya kalau lulusan teknik lingkungan bekerja di pertambangan itu di bagian apa aja..

    BalasHapus
  2. teknik lingkungan bekerja di pertambangan, biasanya di bagian K3 ato bagian Reklamasinya

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum
    prknlkan nma sya nbila, dan sya trtarik skli dg Teknik Lingkungan
    dan sya ingin brtanya apa aja yg dpelajari d TL ini ? apkah pel kmia,fsika dsbg msh dpljari d tknik ini?
    trmkasih

    BalasHapus