Selasa, 06 Maret 2012

Mitos-Mitos Penyebab Kegemukan


Lemak sering kali dituding sebagai “biang keladi” obesitas serta berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Padahal, beberapa di antara pernyataan buruk tentang lemak itu hanyalah mitos yang menyesatkan, Berikut ini hal-hal yang merupakan mitos-mitos penyebab kegemukan.:
1. Minum Susu Bisa Gemuk



Padahal tubuh kita membutuhkan protein, vitamin (A dan D), mineral, dan suplai energi yang terkandung di dalam susu. Susu juga amat baik karena kandungan kalsium yang tinggi (116-290 mg kalsium per 100 gram susu). Kekurangan kalsium membuat Anda rentan terhadap osteoporosis dan kekurangan produksi hormon yang bisa membantu mengurai lemak di dlm tubuh. Minumlah susu 1-2 kali sehari. Wanita berusia di bawah 30 tahun masih boleh mengonsumsi susu full cream. Susu low fat ataupun nonfat adalah pilihan terbaik bagi yang usianya di atas 30 tahun.
2. Advokad penyebab Kegemukan



Lemak di avokad adlh asam lemak omega-9, yang merupakan jenis lemak baik yang mampu menekan kadar kolesterol jahat (LDL). Avokad juga kaya serat sehingga bisa menyerap kelebihan LDL dan membuangnya bersama sisa-sisa pembakaran. Juga kaya vitamin E dan B yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, serta dapat mencegah penuaan dini, dan memperkuat imunitas tubuh.
Tips: Santap avokad tanpa tambahan dressing, seperti susu, cokelat, ataupun gula. Avokad juga lezat dinikmati sebagai pengganti mentega atau butter untuk melapisi roti.
3. Mentega lebih baik daripada Minyak Goreng



Mentega terdiri dari krim susu sehingga kandungan kolesterolnya justru lebih tinggi dibandingkan minyak goreng.
4. Banyak makan Telur itu Baik



Telur memang bergizi tapi kandungan kolesterol di dalam kuning telur amat tinggi shg konsumsinya harus dibatasi. Makanlah telur 2 butir / minggu juga konsumsilah sayuran yg kaya vitamin A, D, E, dan K, seperti wortel dan tauge, untuk melarutkan lemak.
5. Pantang Makan Daging Bisa Langsing



Daging adalah bahan pangan yang kaya protein serta asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Perbanyak konsumsi ikan dibandingkan daging sapi dan ayam. Buang kulit dan bagian yang berlemak. Jika ingin menyantap steak, hindari steak prime rib atau T-bone yang banyak lemak.
6.Makan Es Cream Bikin Badan Melar



Es krim yang berbahan dasar susu memang mengandung lemak dan kolesterol dalam jumlah bervariasi. Selain lemak & kolesterol, es krim jg mengandung mineral (kalsium, kalium, besi, seng, dan iodium), protein, jg vit A, B, D, dan E.
Tips: Pilih es krim rendah lemak, sorbet, atau gelato. Lebih baik lagi, nikmatilah es krim dengan dicampur beraneka macam potongan buah.
7. Kacang-kacanganan adalah Cemilan yg Menggemukkan



Ternyata menyantap kacang-kacangan bisa mendatangkan rasa kenyang lebih lama dibandingkan camilan diet. Menurut penelitian, mengemil kacang 5x seminggu masing-masing 1 bungkus kecil dapat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 25-39%. Ingat, Kacang yang dimaksud bukan kacang yang digoreng

Diposting oleh Ghozi Faiz on Selasa, 06 Maret 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar